POSISI PENTING SDA INDONESIA DI MATA DUNIA
Keberadaan Indonesia bagi lingkungan hidup internasional, memiliki peranan yang penting. Keanekaragaman hayati dan sumber daya hutan menurut Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) menduduki peringkat kedua setelah Brazilia dengan sumber daya alam Amazon.(“Alam Indonesia dan Pengaruhnya Bagi Dunia”, http://www.walhi.or.id, diakses pada 28 Agustus 2007)
Keberadaan hutan tropis Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera, Kalimantan dan Papua memiliki fungsi sebagai “paru-paru” dunia, Sehingga hal inilah yang membangun posisi penting Indonesia bagi dunia internasional. Hal lainnya yang membuat posisi Indonesia semakin penting adalah karena Indonesia sendiri merupakan penyedia sumber bahan baku, khususnya baham mentah, komoditas minyak dan pertambangan, sehingga banyak negara maju yang memiliki ketergantungan kuat dengan Indonesia.
Faktor lainnya yang menjadikan Indonesia sebagai negara yang penting bagi negara-negara internasional adalah menyangkut aspek jumlah penduduk. Besarnya jumlah penduduk yang mencapai 220 juta jiwa pada tahun 2004 tentunya akan menjadi pangsa pasar yang potensial bagi pemasaran produk-produk negara industri dunia. Hal inilah yang sebetulnya akan mendukung posisi tawar (bargain positions) Indonesia menjadi strategis di mata negara-negara internasional, khususnya negara industri maju.

Sumber Bacaan: Ismawan Indra, Resiko Ekologis di Balik Pertumbuhan Ekonomi, Media Pressindo, Yogyakarta, 1990.
“Alam Indonesia dan Pengaruhnya Bagi Dunia”, http://www.walhi.or.id, diakses pada 28 Agustus 2007.
image from:www.dephut.go.id, google



:::Email::: forumskripsi@gmail.com :::Yahoo id::: ForumSkripsi.com :::Contact Person::: diskusiskripsi